add page element

Thursday 5 September 2013

PELAJARAN IPA SMP



JALAN YANG DILALUI IMPULS
Pada umumnya kita menggerkkan bagian karena kemauan kita atau atas perintah otak. Menulis, memebuka paying, mengambil makanan atau berjalan merupakan contoh gerak yang kta sadari sehingga gerak semacam itu disebut gerak sadar.
Pada gerak sadar ini, gerakan tubuh dikoordinasi oleh otak, rangsangan yang diterima oleh reseptor (indra) disampaikan ke otak melalui neuron sensorik.
Di otak, rangsangan tadi diartikan dan di putuskan apa yang akan dilakukan . otak mengirimkan perintah efektor melaui neuron motorik.
Rangsangan-Neuron sensorik-otak-neuron motorik –gerak
Contoh bagian tubuh yang melakukan suatu gerakan yang kita sadari. Contoh- saat lutut kita di ketuk atau di pukul pada bagian tendong. Akibatnya secara tidak sadar, kai kita akan menyentak, secara ringkas lintasan gerak reflex dapat kita buat skema sebagai berikut:
Angsangan-neuron sensorik-sumsum tulang belakang-neuron motorik-gerak
Jalannya impuls gerak reflex ada dua macam yaitu lintasan/reflexs  spinalis dan dan lintasan reflex cranialis.
Lintasan reflex spinalis yaitu lintasan gerak reflex yang melalui sumsum tulangeblakang.contohnya gerakan mengangkat kaki secara tiba-tiba saat lutut kita di pukul. Lintasan cranialis yaitubila lintasan gerak reflex melalui otak, tetapi otak memberikan tanggapan secara langsung tanpa kesdaran manusia.
Contoh gerak reflex yang mellaui lintsan cranialis adalah gerak mengecilkan pupil mata apabila mata menerima cahaya yang terang.
Disusun oleh:
1.       Emnita Septiani
2.       Mai Sartika
3.       Ananda Alfian
4.       Ari Fernanda

No comments:

Post a Comment